Sunday 20 September 2015

Tiu Pupus: Air Terjun Menggoda



SELAIN pantai di Lombok banyak memiliki air terjun. Kalau dihitung satu-satu jumlah air terjun bisa sampai puluhan bahkan ratusan. Namanya air terjun, selalu menawarkan kawasan yang asri dan sejuk. Jalan-jalan kali ini menjelajah ke Air Terjun Tiu Pupus di Kabupaten Lombok Utara. Jika kita datang dari Kota Mataram, menempuh perjalanan sekitar 45 menit. Tapi, jangan khawatir. Jalur ke Air Terjun Tiu Pupus dari Kota Mataram menyenangkan. Kalau menyusuri jalur Pusuk, mata dimanjakan hutan yang sejuk. Kalau pinggang rasanya sudah mau copot, berhenti di pinggir hutan. Tenang, jalurnya ramai dan banyak pedagang. Sepanjang jalur pusuk juga banyak penjual tuak manis (air sadapan aren). Di tengah jalur pusuk, selain segarnya hutan, mata bisa menyaksikan monyet-monyet ekor panjang yang tengah bercengkrama. Monyet ini melompat atau kadang berlarian di jalan.
Beda lagi kalau melewati jalur Pantai Senggigi. Mata tidak akan berkedip melihat birunya pantai.Jika kebetulan sedang lapar, bisa mampir berhenti sebentar di Nipah untuk makan ikan. Aduh, mau ke Air Terjun Tiu Pupus, kok malah lama bahas jalurnya ya. hehe
Setelah melalui jalur pusuk, kita sudah dekat dengan Air Terjun Tiu Pupus. Air terjun ini masuk dalam Kecamatan Gangga. Dari jalan raya, kita masuk ke pemukiman warga. Nanti ada rumah yang biasa menjadi parkiran. Sebelum tiba di air terjun, kita melalui jalan tanah kecil di pinggir sungai. Suasananya enak, bersih dan jauh dari bising. Gak kayak di kota-kota besar. Jalan dari parkiran tidak jauh kok, sekitar 300 meter. 


Sebelum mencapai air terjun, bakal melewati jembatan yang panjangnya sekitar 100 meter. Dari jembatan air terjun itu sudah kelihatan. Melangkah beberapa meter, sudah bisa menikmati segarnya Air Terjun Tiu Pupus. 


Air terjun ini tingginya sekitar 7-8 meter. Diameter di sekitar air terjun besar banget bro n sist. Jadi, kalau memang kesana siapkan pakaian ganti. Soalnya, badan pasti pengen banget buat nyebur. 


Saat weekend, air terjun ini ramai dikunjungi masyarakat. Dari luar kabupaten tetangga sampai dari luar provinsi. Dan gak kalah penting di air terjun ini kita bisa selfie berbagai gaya. Mau nyebur dalam air, mau di depan air terjun, atau bisa juga dengan latar belakang pemandangan di sekitar air terjun. 


Untuk yang ingin menikmati air terjun ini sangat direkomendasikan. Selain lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan raya, yang jelas kita tidak dibuat capek jalan. Cukup siapain uang Rp 20 ribu buat akomodasi, makanan bungkus aja dari rumah, hehe. Rute Air Terjun Tiu Pupus lebih bersahabat dibanding air terjun lainnya di Lombok Utara. Dansatu lagi di Air Terjun Tiu Pupus bersih dari sampah. (WH)

0 10 komentar:

Post a Comment