Wednesday 27 January 2016

Monyet Pusuk Lombok Utara yang Lucu

Jaluta di Lombok begitu beragam. Dari mulai lautan, air terjun, sampai pegunungan. Diantara beberapa dataran tinggi di Lombok, kawasan Pusuk Lombok Utara cukup menarik.
Jika melintasi jalur yang menghubungkan Lombok Barat dengan Lombok Utara, pasti melewati jalur pusuk. Kawasannya sejuk dengan pepohonan yang rimbun. Segarnya udara di dataran tinggi pun begitu terasa. Bagi yang biasa hidup di perkotaan, lokasi sepanjang Pusuk sangat asyik.

Ketika melintasi Pusuk, ada pemandangan yang tidak biasa. Sekumpulan monyet-monyet lucu melintasi jalur Pusuk. Mereka terlihat jinak. Ada beberapa monyet betina tengah menggendong anak. Untuk anda yang melintas, tidak usah takut tidak usah khawatir. Turun saja untuk melihat monyet itu dari dekat. Banyak diantara wisatawan asing maupun domestik yang turun memberi makan. Tidak lupa bule ini mengabadikan gambar mamalia yang jago memanjat pohon.

Turis sedang memberi makan monyet di Pusuk, Lombok Utara.

Dari informasi warga sekitar, monyet yang ada di Pusuk ini sudah ada cukup lama. Bahkan, dahulu populasinya lebih banyak ketimbang sekarang. Habitat hidupnya sendiri masih cukup mendukung. Meski di kawasan Hutan Pusuk, illegal logging masih terus terjadi. Kondisi yang bisa mengancam populasi monyet-monyet lucu ini. Keberadaan satwa yang doyan pisang ini harus tetap dilestarikan. Karena monyet lucu di Pusuk, menjadi daya tarik wisatawan. Para tour guide pun bisa mengarahkan wisatawan untuk menikmati kesejukan sekitar Pusuk. Tapi, wisatawan perlu sedikit berhati-hati ketika musim hujan tiba. Kawasam di sekitar Pusuk, kerap dilanda longsor. Sebaiknya tidak berlama-lama saat cuaca kurang bagus. Menghindari malapetaka yang bakal terjadi.
Jalur Pusuk berkelok. Hijaunya rerimbunan pohon ada di kiri dan kanan.

Jalur di Pusuk dikenal dengan kelokannya. Wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya berhati-hati, apalagi dalam kondisi hujan. Jalurnya cukup licin. Beberapa pengendara yang melintas, pernah terjatuh karena kelokan dan jalan licin.  Namun, bagi traveler tidak lengkap ke Lombok jika belum merasakan lintasan Pusuk. Back to nature. Suasana yang sulit dijumpai di kota besar yang penuh kepenatan.

0 10 komentar:

Post a Comment