Saturday 2 January 2016

Lombok Surganya Surfing




Lombok memiliki potensi wisata watersport yakni surfing. Banyak pantai di Lombok yang menawarkan ombak dengan tantangan bervariatif. Ada sekitar 12 surf point menarik untuk penggila selancar air.
Whewww!!! Banyak banget.




Surfer Lombok I Gusti Budi Dharma bercerita, surf point itu  diantaranya Pantai Senggigi, Pantai Bangko-Bangko, Pantai Kuta Lombok, dan Pantai Selong Belanak. Pantai itu sering dijadikan tempat para selancar untuk menghabiskan waktu dengan papan surfingnya.

Budi Waveholic  mulai surfing tahun 2001. Saat mengawali surfing, dikenalkan dengan ombak Pantai Senggigi yang berkarakter reef break alias mwmiliki landasan karang. Sehingga ombak di Pantai Senggigi dalam kondisi pumping, ombaknya bisa membentuk barrel atau berlubang. Dan bisa mencapai tinggi hingga 8-10ft. Gimana, keren gak tuh??




Selain itu sepanjang pesisir pantai utara yakni Pantai Alang-Alang, Pantai Klui hingga Pantai Malimbu, sering juga dijadikan lokasi surfing para peselancar pemula hingga profesional. Karena ombaknya memiliki karakter berbeda-beda. Bagi penghobi surfing, ombak memang yang dicari. Semakin menantang ombaknya, makin bikin penasaran.



Khusus di Pantai Gerupuk guys menawarkan empat lokasi surfing dengan karakter masing-masing. Jika untuk peselancar pemula, atau disebut beginer mereka diarahkan untuk berselancar di inside point, atau disebut Prigi dan Dundun oleh warga setempat. Untuk peselancar advance, bisa mencoba outside point atau sering disebut Gili Gulung, karena ombaknya bergulung gulung dan bisa mencapai 12ft pada saat musim ombak. Jangan ngaku peselancar handal, kalau belum nyoba Gili Gulung,,,hehe

Kapan sih surfing mulai masuk Lombok? Budi Waveholic mengatakan, tahun 2002 surfing masuk Lombok. Anak Lombok terinspirasi dari film Blue Streak, Point Break, dan banyak iklan menggunakan atlet surfing untuk promosi dalam menaikan image jualannya. Munculnya majalah surftime serta tabloid magic wave, ikut membuat anak Lombok tertarik untuk mencoba olahraga berselancar. Sekarang, surfing bukan hanya digilai orang asing. Warga lokal pun bebas dan boleh menikmatinya.
Banyak daerah yang mengaku memiliki lokasi surfing istimewa lho. Tapi, para surfer yang datang ke Lombok tidak hanya mendapat bualan. Pulau yang dikenal dengan keindahan pantainya ini, juga memiliki ombak yang menawan. Beberapa peselancar bilang, “Di Lombok menari di atas ombak dengan suasana tenang. Pemandangannya pun maut,”.(*)

0 10 komentar:

Post a Comment