Wednesday 27 January 2016

Pantai Ampenan Ikon Kota Mataram

Bertandang ke Pantai Ampenan saat ini jauh berbeda dengan beberapa tahun silam. Sejak Pemkot Mataram mulai menata Pantai Ampenan 2014 silam, kondisinya sekarang lebih rupawan. Begitu tiba di gerbang pantai, langsung disuguhi tulisan Pantai Ampenan. Pantai ini pun disebut sebagai ikon Kota Mataram, seperti kota-kota lain di Indonesia yang juga memiliki ikon pantai.

Datang ke Pantai Ampenan, sebaiknya sore hari. Kita akan menikmati riuhnya pengunjung. Pantai Ampenan kini memang berubah menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Di pantai, tidak cuma menawarkan ombak dengan sunset atau sunrise. Bagi yang berkeluarga, bisa sekaligus memanjakan anak. Beragam permainan anak tersedia di Pantai Ampenan. Mau berbayar atau gratisan, tergantung pilihan. Di waktu tertentu, di tengah area sekitar pantai digunakan oleh anak-anak muda untuk bermusik. Mereka berdendang riang gembira. Pengunjung bisa menikmati hiburan disana.

Ingin menikmati suasana pantai, ada anjungan Satu Hati yang dibangun oleh Honda Region NTB. Bagi yang suka berselfi ria, lokasi sekitar anjungan cukup menarik. Pondasi sisa dermaga pun bisa disaksikan dari anjungan ini. Di pondasi itu biasa sejumlah nelayan asik memancing. Nyaman. Sejarahnya, sebelum pelabuhan pindah ke Lembar, Pantai Ampenan menjadi pelabuhan dagang. Segala hilir-mudik kapal bersandar di Ampenan. Oleh warga sekitar sering disebut "Pantai Bom".

Penggila foto tidak usah khawatir. Selain lokasi sekitar anjungan, di bagian utara pantai, ada ikon yang asik yang mirip Pantai Losari di Makassar. Tulisannya berwarna merah mencolok "Pantai Ampenan". Di sekitarnya ada deretan warung yang menyediakan berbagai makanan, dari yang ringan sampai berat.

Untuk penggemar seafood, Pantai Ampenan direkomendasikan. Beberapa warung menyediakan berbagai olahan laut. Bagi yang suka kerang, cumi-cumi, udang, kepiting, ikan bakar, dan banyak lagi, ini lokasi menarik. Harga menyesuaikan kantong, yang pasti tidak semahal harga restoran. Soal rasa, boleh diadu.

Penataan Pantai Ampenan masih terus berjalan. Ada galeri dan beberapa ruang baru yang disiapkan pemerintah. Lokasinya makin representatif dan menyenangkan. Tidak heran kalau grup band ibukota seperti Zivilia tertarik syuting video klip di Pantai Ampenan.(*)























0 10 komentar:

Post a Comment