Monday 4 July 2016

Mendidik Siswa Lebih Kreatif

Teoritis tekstual. Begitu barangkali bila bicara tentang pendidikan di Indonesia. Dalam pendidikan formal, polanya hampir sama. Guru membaca dan siswa mendengarkan. Meski kurikulum berganti, pola pendidikannya nyaris sama. Siswa yang pintar, tak jadi soal. Sepulang sekolah akan mengorek dan mendalami segala materi yang disampaikan guru. Untuk siswa ini jumlahnya bisa dihitung jari. Kebanyakan justru siswa pasif. Cukup menunggu dari guru saja. Tidak mau repot dan menggali pelajaran yang didapatkan. Orientasi siswa yang seperti ini biasanya sama. Rajin sekolah dan dapat nilai baik. Itu yang utama. Pengalaman serta pengetahuannya pun berkisar pada teori semata. Tidak memahami esensi sebenarnya. Tentu saja pola pendidikan ini menjadi problem. Bagaimana menghasilkan generasi muda yang mandiri, kalau semuanya disetir. Semuanya berjalan bukan karena kesadaran. Ada istilah, "seperti kerbau dicocok hidungnya,". Otak terbiasa dalam kendali. Kurang cekatan berpikir ketika ada situasi diluar kebiasaan. Paniknya luar biasa. Padahal secara teoritis sudah bagus. Diukur nilai akademiknya pun diatas rata-rata. Kebiasaan kurang mandiri pada pola pendidikan, efeknya berantai. Kreativitas, survival, dan keberanian seorang anak tereduksi. Lebih memilih mengikuti seperti apa yang disampaikan di dalam kelas oleh guru. Kurang berani mencoba, mencoba, dan mencoba. Setiap mencoba peluang berhasil dan gagal porsinya sama. Kalau berhasil itu bagus. Ketika gagal justru makin bagus. Kok makin bagus? Ya, karena ketika mencoba dan gagal, akan ada pelajaran. Jadi hitungannya begini. Seandainya seorang siswa mengerjakan sesuatu, langsung benar nilainya satu. Tanpa nilai lebih, karena apa yang dikerjakan sudah ada arahnya. Siswa sudah menerapkan sesuai teori dan pelajaran dari guru. Lalu bagaimana yang kreatif? Jelas yang ini nilainya lebih. Berhasil nilainya dua. Jika gagal nilainya malah lebih banyak lagi. Hitungannya begini: keberhasilan dapat bonus dua. Sudah kreatif dengan berani mencoba. Kemudian berhasil. Lebih mantap yang mencoba kreatif kemudian gagal. Nilainya lebih tinggi. Selain siswa sudah kreatif dengan berani mencoba. Kegagalan mengajarkan pengalaman. Dari kegagalan itu siswa akan belajar. Dari kegagalan ini jalan pikir siswa kian berkembang. Contoh sederhana begini, ketika siswa mendapatkan teori tentang menanam kacang hijau. Berdasar teori guru, medianya tanah, kacang hijau ditanam, kemudian disiram. Kacang hijau tumbuh. Teoritis. Bandingkan bila siswa diajak kreatif. Meminta siswa menanam kacang hijau dengan berbagai medium. Hidroponik (air), dengan kapas, sekam, ataupun tanah. Sekali coba, hasilnya dengan kapas lebih bagus. Wah, dapat pengalaman. Ternyata media untuk menanam kacang hijau tidak hanya tanah. Lebih banyak lagi ketika menanam menggunakan tanah dan kapas gagal. Siswa bisa mencoba dengan hidroponik maupun sekam. Semakin banyak media dicoba. Pengalaman kian banyak. Malah bisa membuat kesimpulan kualitas antar media tanam. Makin keren. Tentu saja, pola pendidikan yang teoritis tekstual ini kuncinya ada di tangan guru. Para pendidik harus menjadi trigger (pemantik). Menerapkan pola pendidikan yang lebih kreatif. Mengurangi teori di dalam kelas. Lebih banyak mengajak siswa langsung mencoba di lapangan. Bila sedang mengajarkan cara menulis artikel, tidak usah terlalu banyak teori. Minta saja langsung menulis. Semakin banyak yang ditulis, isi kepala dan pergerakan tangannya merangkai kata kian luwes. Tulisan jelek, coba lagi. Semakin sering dicoba, semakin berpengalaman. Perbendaharaan kata bertambah. Isi kepala makin bergizi. Bagaimana bapak/ibu guru, berani mencoba?.

0 10 komentar:

Post a Comment