Monday 18 July 2016

Ortu Harus Rajin ke Sekolah

HARI pertama masuk sekolah, keriuhan ditunjukkan para orang tua. Surat edaran (SE) Menteri Pendidikan untuk mengantar anak di hari pertama sekolah direspon. Jika biasanya orang tua tidak sempat mengantar, kali ini ramai-ramai menyempatkan diri. Entah orang tua menteri, pejabat daerah, pengusaha, atau pegawai negeri semua ramai mengantar anak mereka. Ramainya sekolah tidak lagi karena ratusan siswa. Para orang tua ikut meramaikan. Di daerah para kepala sekolah (kasek) pun ramai-ramai mendorong kehadiran orang tua. Tidak semua orang tua memang menganggap penting mengantar sekolah. 

Tidak sedikit yang nyinyir menganggap mengantar anak sekolah berlebihan. Membuat anak tidak bisa mandiri. Ratusan orang tua yang mengantar sekolah pun dianggap lebay. Itu pilihan. Semua bebas berpendapat dan memberi penilaian. Tidak bisa disalahkan. Jadi berikan kesempatan juga mengapresiasi orang tua yang mengantar anak sekolah di hari pertama. Itu salah satu bukti orang tua peduli kepada anak. Tidak sekadar memilihkan sekolah semata. Para orang tua pun banyak memanfaatkan kesempatan ini untuk berinteraksi dengan warga sekolah. Berkomunikasi dengan para guru maupun orang tua yang lain. Jauh hari, Menteri Pendidikan Anies Baswedan memberikan penekanan, kedatangan para orang tua ke sekolah sebagai bentuk kepedulian pada pendidikan. Orang tua bisa melihat lingkungan pendidikan anak. Lebih penting interaksi antara sekolah dengan orang tua akan terbangun. Setelah mengantar anak sekolah di hari pertama, orang tua merasa sudah lepas tanggung jawab. Bila perlu sesering mungkin mengantar sekolah. Rajin berinteraksi dengan para guru. Bila perlu ikut memberi masukan untuk dunia pendidikan. Bukankah mendidik anak bukan hanya tanggung jawab sekolah. Semoga para orang tua makin rajin memantau pendidikan anak.(*)

1 comment:

  1. MGM Grand Casino Hotel - Mapyro
    Mapyro Realtime Gaming Realtime 문경 출장안마 Gaming Realtime 대전광역 출장샵 Gaming Realtime Gaming Realtime Gaming Realtime 상주 출장샵 Gaming 군포 출장안마 Realtime Gaming Realtime Gaming Realtime 경상북도 출장마사지 Gaming Realtime

    ReplyDelete